Saturday , January 28 2023

Cara Membuat Grup di Telegram Dengan Mudah

Lokerjah.com – Cara Membuat Grup di Telegram. Bisa dikatakan di sini bahwasanya fitur grup di telegram memang lebih lengkap jika dibandingkan dengan fitur yang ada di WhatsApp. Salah satunya yaitu grup di telegram bisa menampung hingga 200.000 anggota sedangkan WhatsApp sendiri hanya bisa menampung sebanyak 256 anggota.

Lalu bagaimana cara membuat grup di telegram? Untuk mengetahuinya Anda perlu membaca uraian yang akan diberikan di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Grup di Telegram?

Untuk dapat membuat grup di telegram, nantinya Anda bisa memakai berbagai macam perangkat, seperti contohnya smartphone, PC ataupun laptop. Tapi di sini akan dipraktekkan bagaimana cara membuatnya menggunakan perangkat HP.

Cara membuat grup di telegram menggunakan perangkat lain, Anda nantinya hanya perlu menyesuaikan dengan tampilan saja, karena memang pada dasarnya metode yang harus dilakukan sama. Langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut.

  • Pertama Anda buka terlebih dahulu telegram yang ada di smartphone.
  • Jika sudah Anda tekan tombol chat baru yang terdapat di bagian pojok kanan sebelah bawah.
  • Langkah berikutnya Anda tekan grup baru yang terdapat di bagian paling atas dan tambahkan setidaknya satu orang untuk Anda masukkan sebagai anggota grup tersebut.
  • Jika sudah Anda pilih tombol next yang terdapat di bagian pojok kanan sebelah bawah.
  • Masukkan nama grup yang ada di kolom yang sudah tersedia. Anda bebas untuk memasukkan nama apa saja.
  • Cara membuat grup di telegram selanjutnya Anda tekan simbol kamera untuk melakukan penambahan foto profil di grup. Untuk menambahkan foto tersebut Anda bisa mengambil langsung dari galeri HP.
  • Jika sudah Anda tekan tombol centang yang terdapat di bagian pojok kanan sebelah bawah.
  • Di tahapan Ini grup chat telegram Anda telah jadi dengan setting default serta anggota yang sudah Anda masukkan sebelumnya.

Langkah berikutnya masih banyak hal yang perlu untuk Anda kelola dan atur supaya nantinya grup telegram jadi lebih ramai. Karena itu, Anda perlu menyimak bagaimana cara membuat grup di telegram jadi lebih ramai di bawah ini.

Masukkan Nama

Langkah pertama di sini Anda perlu untuk memperbarui profil dari grup berupa nama grup itu sendiri. Jika di sini untuk membuat sebuah grup publik, maka Anda pakai nama grup yang cukup relevan dan menarik dengan tema dari grup.

Anda masukkan nama grup yang di sini diinginkan pada kolom nama. Dengan memakai nama grup yang menarik, maka besar kemungkinan nantinya akan mudah ditemukan dalam kolom pencarian telegram.

Gunakan Foto Profil

Setelah di sini Anda memberikan nama pada grup, maka berikutnya yaitu Anda pakai foto profil. Foto tersebut nantinya akan tampil sebagai thumbnail di grup telegram bagian atas halaman chat.

Jika bisa Anda pakai foto atau gambar yang relevan dengan grup yang dibuat. Untuk melakukan pemasangan foto profil ini caranya mudah saja, Anda tinggal tekan bagian pasang foto.

Setelah itu Anda langsung pilih foto ataupun gambar yang terdapat di galeri smartphone. Jika sudah, maka selanjutnya centang bagian pojok. Foto atau gambar telah terpasang secara otomatis.

Menambahkan Deskripsi

Cara membuat grup di telegram agar ramai berikutnya yaitu Anda juga bisa menambahkan deskripsi. Jika grup Anda di sini ramai, maka penambahan deskripsi ini memang perlu untuk dilakukan. Untuk menambahkan deskripsi Anda tinggal menulis secara singkat di bagian kolom yang sudah tersedia.

Ubah Status Privasi

Untuk melakukan pengaturan status privasi, maka Anda tinggal memilih opsi dari tipe group. Pilih tipe group yang Anda inginkan, Anda bisa memilih grup publik ataupun grup privat. Jiak Anda pilih grup publik, maka Anda perlu membuat tautan di bagian bawahnya. Jika sudah, Anda tinggal menekan centang di bagian pojok kanan atas.

Grup publik artinya di sini grup terbuka untuk publik yang bisa ditemukan dalam kolom pencarian. Oleh karena bersifat publik, maka semua orang bisa menjadi pengguna secara bebas dan bergabung pada grup tersebut sekalipun mereka tidak mengenal siapapun di sana.

Sedangkan untuk grup privat yaitu grup banyak berisikan orang-orang yang di sini hanya khusus untuk Anda undang saja. Selain dari orang-orang yang Anda undang tersebut maka tidak bisa tergabung dalam grup.

Riwayat Chat

Berikutnya Anda dapat melakukan pengaturan pilihan riwayat obrolan bagi anggota baru. Untuk melakukan pengaturannya di sini Anda tinggal memilih riwayat obrolan bagi anggota baru, kemudian pilih terlihat atau tersembunyi.

Jika Anda memilih bagian terlihat, maka secara otomatis anggota baru yang tergabung dalam grup bisa melihat chat atau obrolan sebelum mereka masuk. Namun jika di sini Anda memilih tersembunyi, maka anggota baru tidak bisa melihat chat atau obrolan sebelum mereka masuk ke group

Pengaturan Izin Anggota Grup

Berikutnya yaitu pengaturan untuk izin anggota grup. Dengan pengaturan ini nantinya Anda sebagai admin bisa melakukan kontrol aktivitas para anggota. Di sini Anda dapat mengontrol izin apa yang bisa anggota grup lakukan, semisal di sini Anda menonaktifkan opsi kirim pesan, maka anggota grup nantinya tidak bisa mengirim pesan di grup.

Membuat Tautan Undangan

Untuk menambah anggota grup dengan lebih mudah lagi, maka di sini Anda tidak perlu menambahkan satu persatu dari kontak. Untuk bisa membuat link tautan Anda hanya perlu menekan tautan undangan. Di sana telah secara otomatis membuat grup Anda melakukan undangan anggota baru

Tapi jika di sini Anda ingin membuat tautan baru, maka nantinya perlu pilih buat tautan baru. Berikutnya Anda bisa mengatur batasan berlakunya tautan. Bisa satu jam, sehari, seminggu dan lain-lain. Di bagian bawahnya adapun juga dapat mengatur batasan jumlah pemakai bisa satu hingga 100 anggota atau tanpa batas.